VC Network: Home | VCLabs | VCemptyspace | Contact

Dwi Bagus Prabowo




Nama : Dwi Bagus Prabowo (a.k.a. KeLEE Vespa)
Jurusan : Desain Komunikasi Visual
Aktifitas : Graphic Design
Kontak : +62 815 9909 486
E-mail : deebeepeepluskey@yahoo.com
Title : Fusion of technology and craftsmanship
Objek desain : Notebook Product (Asus), Handphone (Sonyericsson), TV LCD Samsung
Tehnik : Digital Imaging
Software : Macromedia Freehand MX & Adobe Photoshop CS2
URL : -

Konsep Notebook Product (Asus) :

Notebook (Laptop) merupakan salah satu dari sekian produk yang mulai digemari bahkan wajib dimiliki oleh sebagian besar anak muda saat ini. Ada yang menganggapnya sebagai lifestyle (gaya hidup), tetapi tidak sedikit juga yang mengutamakannya sebagai kebutuhan dalam setiap aktifitasnya.

Sebagai suatu benda yang selalu Mobile, akan sangat memberikan nilai yang lebih apabila benda tersebut memiliki nilai fashionable yang baik. Produk notebook yang pernah ada umumnya menampilkan kesan modern dan futuristic dengan dominasi warna silver atau warna netral lainnya.

Sedangkan untuk produk Notebook Asus ini sebenarnya telah menerapkan konsep fashionable, yaitu dengan melapisinya dengan embossed leather (kulit bertekstur). Maka dari konsep yang pernah ada itu, bukan suatu hal yang mustahil bila mengganti dan membungkusnya dengan balutan ornamen batik.

Dengan dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan dimensi yang mini dan slim produk ini dapat memberikan kesan fleksible sehingga dapat mendukung mobilitas dan lifestyle setiap penggunanya.

Konsep LCD TV Product (Samsung) :

Produk televisi adalah salah satu jenis produk elektronik yang selalu dimiliki setiap keluarga dimanapun berada. Hal ini juga terlihat dari peningkatan penjualan produk elektronik ini beberapa tahun terakhir. Bahkan menurunnya harga televisi konvensional (CRT) belakangan ini sangat mempengaruhi penurunan harga LCD TV. Sehingga dapat dipastikan peralihan televisi konvensional terhadap LCD TV dimasa depan akan semakin meningkat pesat.

LCD TV yang pernah ada selalu menampilkan kesan simplicity dan modern minimalis. Padahal fungsi dari produk ini dapat sebagai pelengkap maupun elemen estetis interior suatu ruangan. Sedangkan selera pasar dalam penentuan tema/gaya interior ruangan selalu bervariasi, ada yang modern, minimalis, klasik, dan seba-gainya. Atas dasar kebutuhan tersebutlah perancangan produk ini ditujukan dan dapat melengkapi dan menyesuaikan terhadap beberapa tema/gaya interior desain yang dipilih.

Sebagai sebuah benda yang syarat dengan sifat entertain-nya, produk ini sangat unik bila dipadupadankan dengan ornamen batik pada sisi frame-nya. Karena produk ini lebih pada fungsi visualnya, maka setiap audience yang menikmatinya akan selalu melihat langsung bagian frame yang ber-ornamen batik tersebut, Dan juga aplikasi penempatan ornamen dapat memberikan variasi yang menarik, tetapi tetap tidak mengganggu view dari audience, mengingat warna ornamen yang dipakai tidak terlalu kontras dan tetap senada dengan keseluruhan warnanya

Konsep Hand Phone Product (Sony Ericsson) :

Pertimbangan Produk Hand Phone dipilih sebagai media perancangan adalah karena produk ini sangat digemari bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan yang wajib dimiliki setiap orang, khususya dikalangan orang muda.

Ornamen batik yang diterapkan pada bagian depan sisi produk dirancang sedemikian rupa, dengan tujuan tetap memiliki kesan kesederhanaan. Selain itu penggunaan karakter ornamen bagian depan tetap memiliki kesatuan dengan bagian belakang produk, karena memang diambil dari jenis ornamen batik yang sama.

Kesan kontemporer dari perancangan ini semakin kuat, karena karakter jenis bahan lapisan luar produk ini nantinya memiliki dua karakter yang berbeda. Yaitu jenis gloss untuk bagian yang berwarna hitam dan lapisan doff untuk yang berornamen batik.
















1 Comment:

  1. Anonymous said...
    Good job bro...
    Batik banget....
    Elemen batiknya juga bagus...
    penempatan ke objek jg rapi...
    seep...

    semangat!!..

Post a Comment